Karena Fokus Tidak Bisa Berpencar

From expensivelife.tumblr.com Saya membuat blog ini adalah untuk coba-coba. Dari coba-coba itulah saya semakin tertarik dengan Blogger. Mung...


From expensivelife.tumblr.com
Saya membuat blog ini adalah untuk coba-coba. Dari coba-coba itulah saya semakin tertarik dengan Blogger. Mungkin karena sudah bosan di blog saya Wordpress hehehe. Dari sinilah saya berpikir untuk mengembangkan blog baru saya di Blogger. Mulai dari pemilihan template, tema blognya apa, apa saja yang akan ditulis di blog ini, dan lain-lain. Karena kebingungan itulah jadi saya harus memfokuskan diri. Seperti nostalgia bagaimana saya dulu memulai blog di Wordpress dari nol. Dan karena saya memfokuskan diri ke blog ini, jadilah Wordpress saya tinggalkan sejenak. Karena saya juga bingung apa ya yang ingin saya tulis di Wordpress. Fokus sudah memilih blog ini untuk lebih dipikirkan hehe.


Bicara soal fokus, makhluk hidup pasti memiliki fokusnya sendiri. Fokus hidup misalnya. Karena tanpa adanya fokus maka tidak akan diketahui tujuan hidup yang sebenarnya apa. Fokus itu macam-macam. Bisa fokus hidup, fokus berkembang biak, fokus makan, dan lain-lain. Berhubung kita adalah manusia yang diberi anugrah otak cerdas alias berakal dibanding makhluk hidup yang lain, jadilah spesies manusia semacam kita ini memiliki banyak sekali pilihan sesuatu untuk difokuskan. Fokus pekerjaan, fokus karir, fokus belajar, dan lain-lain. Namun sayangnya fokus ini tidak bisa kita pecah begitu saja. Manusia akan cenderung fokus dengan satu hal dan cenderung mengabaikan hal lain. Karena memang fokus itu tidak bisa lebih dari satu hal. Fokus itu harus dengan satu hal. Fokus yang dibagi menjadi dua hal lain atau lebih dari itu akan membuat jalannya sesuatu tidak maksimal.

Kita ambil contoh adalah ketika akan tidur. Kita harus memfokuskan diri sedemikian rupa supaya bisa tidur. Namun ketika kita justru tidur sambil memikirkan si dia, kita tidak akan cepat tidur. Bisa dikatakan proses kita menuju tidur akan lama. Contoh lainnya adalah makan. Kita harus fokus makan supaya bisa menikmati makanan serta mendapat rasa kenyang di perut. Tapi jika aktivitas makan itu kita selingi dengan main handphone, pikiran kita jadi pecah sehingga makanan tidak terasa nikmat untuk dimakan. Bahkan mungkin tanpa terasa makanan sudah habis saja karena kita terlalu asyik menyelingi makan dengan bermain handphone.

Begitulah fokus. Karena memfokuskan diri dengan satu hal itu cukup penting agar hal yang kita inginkan dapat berjalan secara maksimal. Seperti saya dulu memfokuskan diri   bahkan terlalu fokus   untuk mengembangkan blog saya di Wordpress hingga sekarang apa yang saya impikan bisa tercapai, yakni blog saya dibaca banyak orang dan memiliki kunjungan tinggi perharinya. :D

From getfitglobal.com

Begitulah memang. Bagi mereka yang memfokuskan diri dalam satu hal, maka hal itu akan berjalan maksimal dan bahkan akan mencapai hasil yang gemilang. Karena fokus akan satu hal, kita jadi bisa mengeluarkan potensi kita secara maksimal dan sebaik-baiknya pada hal itu. Kita akan disibukkan dengan satu hal saja sehingga otak tidak kebingungan untuk menjalannya.

Jadi, tahu kan alasan saya untuk bermigrasi dari Wordpress ke Blogger? Migrasi aja sih. Gak pindah kok. Wordpress masih tetap dipakai. Karena fokus pada dua blog adalah sulit bagi saya. Mau tidak mau saya harus memilih salah satu dari mereka untuk dikembangkan lebih lanjut.

Jadi, fokus itu penting, yakni dengan memilih salah satu dari sekian banyak hal yang ingin dicapai. Asalkan jangan sampai salah fokus yah hehehehe #lol

You Might Also Like

0 komentar