Suka Menunda Pekerjaan

Juni 30, 2015

From picturerumahminimalis.com

Mungkin kebanyakan dari kita suka menunda-nunda sebuah pekerjaan. Bukan hanya sebuah pekerjaan tapi beberapa pekerjaan  di waktu bersamaan yang selalu ditunda-tunda. Ketika pekerjaan telah menumpuk banyak, apalagi dikejar deadline, kita akan kedandapan untuk menyelesaikannya. Alhasil pekerjaan yang ada kita kerjaan dengan seadanya tanpa hasil terbaik. Tentu saja alasan tepatnya karena waktu yang terbatas. 

Lalu bagaimana sih hal-hal yang perlu diketahui bagi yang suka menunda pekerjaan?
Entah pekerjaan sepele atau yang berat sekalipun memang tidak baik untuk ditunda-tunda. Karena kita tidak tahu pekerjaan apa yang akan muncul besok. Berikut hal-hal tentang menunda pekerjaan.

1. Pemalas
From rachael98.me.uk
Pasti dong kalau orang yang suka menunda pekerjaan pasti adalah pemalas. Padahal yang namanya malas itu adalah penyakit hati lho! Tidak baik rasa malas itu dipelihara dalam diri. Kalau tetap mengedepankan malas daripada menyelesaikan pekerjaan, maka semua kegiatan Anda akan berantakan. Kalau punya waktu luang usahakan untuk mengerjakan pekerjaan yang belum selesai daripada dibuat tidur kecuali kalau memang kecapekan.

2. Karena kesibukan
From www.reckontalk.com
Mungkin beberapa hal yang membuat kita menunda pekerjaan adalah kesibukan. Misalkan kesibukan sekolah dan belajar ataupun masalah kerja. Saya juga demikian. Karena kesibukan di sekolah terkadang menunda pekerjaan rumah   seperti bersih-bersih, cuci baju, cuci piring, dan lain-lain   sejenak. Apalagi tidak jarang sampai di rumah ddalam keadaan capek. Saya lebih memilih istirahat daripada mengerjakaan PR karena demi kesehatan juga. Hehe. Jadi, banyak orang yang menunda pekerjaan karena masalah kesibukan ini.

3. Menjadi beban di akhir waktu
From www.southlondonpilates.com
Hal ini jelas akan terjadi. Yakni pekerjaaan yang kita tunda semakin lama akan semakin beban terutama jika mendekati deadline. Akibatnya kita tidak bisa fokus pada hal yang kita kerjakan sekarang karena khawatir dengan pekerjaan yang terus ditunda lagi. Belum lagi apa yang kita kerjaan dengan terburu-buru tidak akan mendapat hasil maksimal.

4. Kepercayaan orang lain menurun
From hafidhasanudin.wordpress.com
Jika ada pekerjaan yang diamanahkan kepada Anda, ada baiknya pekerjaan itu harus diselesaikan secepat-cepatnya alias jangan ditunda-tunda. Bagi Anda yang sudah bekerja, ini penting untuk menjaga kepercayaan bos kepada Anda. Bayangkan jika Anda selalu menunda proyek yang diberikan bos. Kualitas kemampuan Anda akan diragukan. Jadi ketika diperintahkan itu harus cepat tanggap dan menyelesaikan apa yang diperintahkan. Jangan sampai orang lain malas untuk mempercayai Anda akan sesuatu.

5. Pekerjaan menunpuk
From sidomi.com
Hal yang familiar dari suka menunda pekerjaan adalah PR yang menumpuk. Jelas saja karena yang namanya menunda tidak akan menyelesaikan PR dengan sendirinya. Apalagi jika ketika menunda dalam hari itu ternyata esoknya mendapat PR lagi. Semakin bertumpuklah pekerjaan yang harus diselesaikan. Ayo jangan malas!

6. Waktu yang terbuang percuma
From www.abccopywriting.com
Waktu akan terbuang percuma untuk melakukan hal yang tidak berguna daripada untuk menyelesaikan pekerjaan. Hal ini tidak baik karena mengingat kita tidak tahu kapan lagi kita akan sempat menyelesaikan apa yang kita tunda atau yang sekarang menjadi PR kita. Alasannya jelas, karena waktu tidak bisa kembali apalagi diganti. 

7. Selalu mengeluh
From www.moneysavingexpert.com
Hal lain bagi yang suka menunda pekerjaan adalah selalu mengeluh. Mengeluhkan banyaknya pekerjaan, mengeluh mengapa semuanya jadi menumpuk, dan lain-lain. Isinya hanya mengeluh. Padahal tugas yang menumpuk adalah kesalahannya sendiri. Stop mengeluh dan kerjakan pekerjaan yang sempat tertunda.



Begitulah hal-hal mengenai menunda-nunda pekerjaan. Motivasi terbaik adalah dengan tekad dalam diri sendiri untuk tidak malas-malasan. Tulisan ini adalah nasehat untuk saya sendiri supaya tidak menunda pekerjaan lagi.

You Might Also Like

0 komentar