Etika Blogging

From kompasiana.com Blogging adalah suatu aktivitas mengunggah sesuatu di media maya tanpa mengenal batasan apa yang akan kita unggah. Jadi...

From kompasiana.com

Blogging adalah suatu aktivitas mengunggah sesuatu di media maya tanpa mengenal batasan apa yang akan kita unggah. Jadi semuanya yang kita tulis di blog bertema bebas. Tidak ada batasan sama sekali. Bahkan ada yang sampai mengunggah konten-konten yang tidak dibenarkan atau sampai menggunakan blog untuk menipu orang lain.

Tapi jangan salah! Meskipun kita memiliki kebebasan semacam kebebasan pers untuk menulis apapun di blog, Semuanya harus mematuhi etika antar sesama blogger lain. Etika lebih dalam maknany
a dari sekedar tata hukum yang berlaku. Yakni bagaimana kita menjaga sopan santun kita ketika menulis di blog. Hal ini supaya apa yang kita unggah di blog tidak menjadi masalah di kemudian hari.

Berikut etika blogging   sesuai pengalaman saya   yang harus diketahui terutama bagi saya sebagai pemula.

1. Jangan kopas!
From sureshkrishna.com

Sebagaimana pun rupa kita sebagai pemula untuk blogging, usahakan jangan seenaknya copy dan paste artikel orang lain lalu diunggah ke blog kita secara sembarangan. Ini sudah melanggar etika dalam blogging. Kita pasti tidak suka bila karya kita dijiplak dan ditiru orang lain kan? Apalagi jika karya kita yang susah payah dengan gampangnya diakui kepemilikannya oleh orang lain. Karena itu jangan asal copas sembarangan. Lebih baik menulis apapun dengan hasil pikiran sendiri daripada copas dari blog lain.

2. Jikalau copas, lihat-lihat dulu
From blog.idkeyword.com

Ini penting. Ada beberapa blogger yang memang memperbolehkan pengunjung menyebasluaskan seluruh tulisan yang ada di blognya. Bahkan ada yang berkenan jika cara pengunjung mengcopy paste tanpa disertai sumbernya. Tapi sebagai blogger   pemula   yang baik, sebaiknya kita tetap menyertakan sumber dari apa yang kita kopas. Tujuannya adalah untuk menghormati hasil karya orang lain. Ada juga blogger yang benar-benar keras melarang ada yang copy paste sembarang dari blognya. Kita copas tulisan mereka dengan menyertakan sumbernya pun dilarang keras. Jadi hati-hatilah kalau tidak mau blogger golongan ini marah dan melaporkan blog kita.

3. Unggah konten yang baik

Setidaknya, unggah apapun yang bermanfaat ke blog kita. Seperti menulis cerita hasil karya sendiri, tips trik ala diri sendiri, pengalaman pribadi, dan lain-lain. Jangan menulis artikel yang tidak baik misalnya mengkritik pihak, golongan, atau kelompok tertentu. Meskipun kita bebas menulis apa saya di blog sendiri, tapi tetap harus beretika ya. Jangan sampai apa yang kita tulis di media maya menjadi bumerang bagi diri sendiri. Karena salah-salah kita malah bisa dituntut karena pencemaran nama baik.

4. Jangan gunakan blog untuk tujuan tidak baik.

Jangan sampai kita menggunakan blog untuk tujuan tidak baik demi keuntungan pribadi misalnya menipu. Atau mungkin menulis artikel berita-berita heboh namun nyatanya itu semua adalah berita bohongan. Hindari hal tersebut. Blog kita bisa-bisa memiliki pamor jelek. Memang boleh bagi kita untuk berusaha meningkatkan trafik pengunjung tapi tidak dengan cara menipu kan?


Mungkin hanya itu saja etika blogging yang bisa saya sampaikan. Saya selalu menyertakan sumber gambar untuk setiap gambar yang saya ambil secara acak dari internet. Selamat blogging dan semoga bermanfaat!

You Might Also Like

0 komentar