Memakai Template dari Blogger

Saya suka bingung ketika  browsing template gratis di internet. Saya sering download  beragam template blog dengan tampilan yang menurut say...

Saya suka bingung ketika browsing template gratis di internet. Saya sering download beragam template blog dengan tampilan yang menurut saya keren. Namun hasilnya di akhir seperti kurang puas. Kadang antara tampilan demo template dengan tampulang yang langsung dipakai ke blog menjadi berbeda. Setelah gonta-ganti template untuk pertama dan kedua kali, akhirnya saya tertarik mencoba template yang disediakan oleh pihak Blogger.

Ternyata asyik lho! Kita bisa mendesain sendiri bagaimana model template kita melalui Desainer Template. Blogger sengaja menyediakan fitur ini dan sangat memudahkan bagi newbie seperti saya. Jadi kita tidak perlu terjun ke pengeditan kode HTML template tapi bisa masuk ke laman Desainer Template. Fitur ini hanya berlaku jika kita  mau  memakai template yang disediakan oleh Blogger

Template yang sudah saya sesuaikan dengan kebutuhan lewat Desainer Template
Saya mencoba template Default, walaupun tidak begitu menarik penampilan awalnya. Terkesan flat, monoton, dan polos. Mungkin karena belum diedit. Begitu juga dengan template yang disediakan lainnya oleh Blogger. Bagi newbie, pasti akan memilih download template gratis dari internet. Setelah saya mencoba, ternyata tidak seburuk itu. Melalui Desainer Template, semuanya bisa diubah dengan mudah. Kita bisa mengatur background, tata letak sesuai kebutuhan (posisi dan jumlah sidebar serta footer), bentuk dan ukuran tulisan, lebar sidebar, lebar tampilan blog, warna link, dan lain-lain. Semua bisa disesuaikan sesuai selera dan kebutuhan. Jadi, kesan monoton dalam template lambat laun menjadi hilang.

Saya menggunakan nuansa merah maroon  atau lebih tepatnya merah menuju ke pink  untuk desain blog ini. Saya lebih suka sidebar di sebelah kanan, jadi saya memilih tata letak sidebar kanan. Karena merasa ruang bagi tulisan yang dimuat kurang besar, saya memperbesarnya sesuai kebutuhan. Saya juga memilih tata letak dengan tiga footer supaya seluruh widget tidak melulu terpasang di sidebar kanan. Keren dah pokoknya.

Jadi untuk newbie, coba utak-atik template yang sudah disediakan oleh Blogger untuk blog baru. Seru lho! Hehehe



You Might Also Like

0 komentar