Rumah Baru, Suasana Baru

Juli 19, 2015

Rumah Baru, Suasana Baru Dua hari sudah saya menempati rumah baru. Rasanya seperti beda sekali dengan rumah lama. Di sana memang semua serba baru. Perabot baru, lampu baru, dinding baru dicat. Tapi tetap rasanya seperti lebih nyaman rumah sendiri. Rumah baru ini terletak di kawasan yang dari luas tanahnya sengaja dibuat untuk perumahan. Namun perumahan ini baru saja diluncurkan, jadi peminatnya pun masih sedikit. Hanya beberapa rumah minimalis yang sudah selesai dibangun. Sisanya adalah tanah yang masih kosong, juga beberapa tanah yang sudah dibeli orang tapi masih belum dibangun. Ada juga rumah yang masih dalam proses pembangunan. Rumah yang sudah selesai dibangun dan ada penghuninya di perumahan ini bisa dihitung jari. Mungkin sekitar lima rumah. Dua rumah berjajar di sebelah kiri rumah baru saya. Sisanya berada agak jauh dari rumah. Semuanya masih didominasi oleh rumah setengah jadi dan tanah kosong.



Malam-malam saya mencoba keluar rumah untuk melihat lingkungan sekitar. Sepi sekali. Benar-benar sepi. Nyanyian jangkrik bersahutan dimana-mana. Rumah tetangga sebelah sudah sepi. Pasti penghuninya sudah tidur. Rumah-rumah setengah jadi dari kejauhan terlihat gelap isi-isinya. Nampak menakutkan. Ditambah angin malam yang begitu dingin. Saya merasa tempat ini nampak begitu horor pada malam hari padahal di siang hari nampak biasa saja. Belum lagi di depan kompleks perumahan ini adalah kuburan. Saya sampai berpikir untuk tidak perlu keluar rumah pada malam hari. Suasana mencekam lagi menyeramkan ini sangat berbeda jauh dengan rumah lama. Rumah lama saya berada nyaris di tengah kota. Semuanya serba ada. Mau apa aja tinggal beli di dekat-dekat rumah. Suasananya selalu ramai. Aksesnya juga mudah. Hanya satu yang berbeda antara rumah lama dan rumah baru.

Perbedaan terletak pada kondisi rumah. Rumah lama yang terletak di kota itu juga berfungsi sebagai toko. Jadi bisa dibayangkan kondisi rumah yang tidak karuan dengan barang dagangan di dalamnya. Beda jauh dengan rumah baru yang kondisinya bersih, rapi, dan nyaman untuk ditinggali. Inilah hasil analisia saya mengenai kondisi rumah baru dan rumah lama. Meski rumah baru terlihat menggoda, tapi hati tetap merasa ingin pulang ke rumah lama. Hehe.

You Might Also Like

0 komentar