Alhamdulillah! Tugas Selesai!

Kelas 3 SMA seakan sudah diibaratkan sebagai tentara yang disiapkan untuk menghadapi perang. Apa sih perangnya? Jelas saja. Perang mennghada...

Kelas 3 SMA seakan sudah diibaratkan sebagai tentara yang disiapkan untuk menghadapi perang. Apa sih perangnya? Jelas saja. Perang mennghadapi UN! Hehe. Otak harus dibiasakan latihan mengerjakan soal supaya tahu arah jalan menuju jawaban. Lebih bagus lagi jika gang-gang sempit menuju jawaban sudah kita temukan (untuk pelajaran hitungan).

Alhasil, kami sebagai pelajar yang tangguh dan pantang menyerah pun mereview seluruh pelajaran IPA dari kelas satu sampai kelas tiga. Rasanya melelahkan juga. Banyak yang lupa. Tapi masih bisa ingat karena dulunya sudah paham. Jadi mudah saja bagi kami untuk mengingat dan mengaplikasikan setiap materi pada soal-soal UN.

Tapi saya sempat terheran-heran juga. Pada suatu hari, guru sejarah datang memasuki kelas. Tanpa banyak kata beliau langsung memberikan secarik kertas. Saya dan teman-teman dengan wajah tak berdosa membaca apa yang ada di secarik kertas tersebut. Seketika itu juga kami langsung memasang muka hoalah. Ternyata kami diberi tugas sejarah. Tepatnya membuat tugas makalah tentang sejarah perang dingin yang terjadi antara Amerika Serikat dan Uni Soviet sampai dunia terbentuk Blok Barat dan Blok Timur. Akhirnya, Amerika Serikat yang menjadi negara super power dunia dan berhasil mengalahkan Uni Soviet yang sebelumnya terlibat persaingan ketat di berbagai bidang.


Beruntung karena tugasnya (bagi saya) tidak berat-berat amat. Menulis makalah. Ditambah sumber-sumber didapatkan dengan mudah. Saya tidak bisa membayangkan zaman dahulu ketika semuanya sulit. Belum ada hal-hal berbau digital kecuali komputer butut dan disket. Membuat tulisan makalah harus bolak-balik perpustakaan dan sumber-sumber buku lainnya. Harus rajin membuka buku-buku tebal. Beda dengan sekarang. Cari di internet, langsung ketemu. Belum lagi sudah ada fasilitas CTRL + F yang membuat kita langsung menemukan jawaban tanpa harus membaca seluruh isi artikel. Belum lagi copy dan paste, senjata pamungkas orang-orang yang (sepertinya) enggan untuk berusaha. Bagi saya sendiri, copy paste itu sesuatu yang diharamkan. Hehe.

Awalnya merasa bingung. Karena saya pikir materi perang dingin itu banyak sekali. Tapi guru saya sudah mencantumkan apa saja pembahasan yang harus ada dalam makalah; sebab, bentuk persaingan, dampak, dan akhir. Ternyata mudah saja menemukannya di internet. Dari berbagai website yang saya klik juga ditemukan artikel yang sama persis. Terlihat jelas bahwa mereka ini saling mengcopy paste. Entah siapa yang menulis artikel ini pertama kali. Dialah orang yang paling berjasa.

Tugas sudah selesai! Tinggal ngumpulin aja! Dari instagram @itsnahm

Naasnya, setelah tugas sudah selesai saya ketik rapi nan cantik, ternyata ada masalah lain. Print rumah saya kehabisan tinta. Huaaaaa. Rasanya bagaikan bumi terbelah dan saya terjatuh ke dalamnya. Ngeri! Bagaimana saya bisa ngeprint tugas ini? Belum lagi saya sudah dipasrahi oleh ketiga teman saya untuk numpang ngeprint. Meskipun ini masih hari Rabu dan tugas ini memiliki deadline minggu depan, tapi saya tidak suka menunda-nuda suatu pekerjaan. Saya paling tidak suka mengerjakan semuanya dengan mepet waktu. Karena sesuatu yang ditunda akan merepotkan pada akhirnya.

Saya pun pergi ke bengkel Abah. Di sana tinta printnya masih banyak. Jadi bisa untuk mengeprint tugas-tugas saya. Setelah selesai print out, saya pergi untuk ke percetakaan untuk membendelnya sekalian. Mumpung hari ini libur. Sekolah biasanya memang meliburkan santri-santrinya setiap tanggal 1 Muharram.

Sip! Seonggok tugas telah selesai dikerjakan. Mission complete! Tapi perlu diingat, ini bukanlah akhir dari segala tugas. Bersiap untuk tugas-tugas selanjutnya! :D

You Might Also Like

1 komentar