Membuat Origami Hati

Sekotak cinta untuk sahabat. :D Beberapa minggu yang lalu, saya sempat berheboh ria bersama teman-teman karena berhasil menemukan teknik mem...

Sekotak cinta untuk sahabat. :D
Beberapa minggu yang lalu, saya sempat berheboh ria bersama teman-teman karena berhasil menemukan teknik membuat bentuk hati dari kertas lipat. Di Jepang, istilah ini dikenal dengan nama origami. Ternyata membuat origami berbentuk hati itu mudah dan menyenangkan lho! Dengan sedikit ketelatenan dan kerapian dalam melipat-lipat kertas, kertas lipat pun dapat berubah menjadi bentuk hati yang warna-warni. Bentuknya cantik lho. Mungkin karena hati adalah simbol "cinta".

Awalnya saya tidak ada pikiran sama sekali untuk mempelajari teknik origami seperti ini. Saya menemukan tutorial membuat origami ini tanpa sengaja dari salah satu akun instagram yang gemar mengunggah foto-foto tutorial DIY (Do It Yourself). Saya iseng stalker akun tersebut. Soalnya banyak
sekali gambar-gambar sesuatu yang dengan kreatifnya diubah menjadi sesuatu yang lebih menarik. Akhirnya, saya menemukan tutorial origami bentuk hati.

Tanpa pikir panjang, saya bergegas ke toko buku sebelah untuk membeli seperangkat alat melipat yaitu sebungkus kertas lipat. Saya membeli kertas lipat double face atau kedua sisi berwarna sama. Beli kertas lipat dengan tekstur kertas yang agak tebal. Dengan merogoh ongkos Rp4000, saya membeli dua bungkus kertas lipat. Di rumah, saya langsung mempraktekkan apa yang saya temukan di instagram tadi. Begitu benar-benar menguasai, saya jadi tidak sabar untuk memberi tahu teman-teman keesokan harinya. 

Besoknya saya langsung mengajari teman-teman di kelas. Mereka rupanya juga cukup minat untuk membuat origami seperti ini. Teman-teman saya mengfungsikan origami bentuk hati buatan mereka ini untuk berbagai macam hal. Bisa untuk pembatas buku, pajangan, demen-demenan*, dan bahkan ada yang membuat origami hati ini untuk diberikan ke teman-teman yang lain. Sebagai kenang-kenangan, katanya.

Wah udah jadi banyak dan warna-warni.
Saking semangatnya, saya menulis tutorial cara membuat origami hati dan telah di posting di blog BaCaAnKu beberapa waktu yang lalu. Tentunya dengan jepretan sendiri melalui kamera Sony Experia LTw26. Gambar jepretan sudah diedit sedemikian rupa untuk memudahkan pembaca memahami tutorialnya. Barangkali ada yang minat membuat origami hati ini untuk diberikan kepada orang-orang yang dicintai.

Sekelumit gambar hasil jepretan sendiri.

*Semacam sesuatu yang disimpan untuk pajangan atau kesenangan pribadi.

You Might Also Like

0 komentar