Kesibukan

Desember 31, 2015

Sudah lama saya tidak mengisi tulisan di sini. Yaps, beberapa hal perlu mendapat perhatian lebih dibanding hal-hal sampingan seperti menulis di blog seperti ini. Walau demikian, saya ingin bercerita sedikit.

Saya mendaftarkan blog wordpress saya pada WordArt*. Persyaratan untuk bergabung di WordArt sudah terpenuhi seperti domain (dot)com untuk blog. Domain ini tentunya membutuhkan biaya. Ketika saya mengutarakan keinginan ini pada orang tua, mereka menyambut positif rencana saya untuk pengembangan blog. Alhasil $18 mengucur <!--more--> dari rekening Paypal Abah. Dengan domain bacaanmenarikku.com serta rating pengunjung yang entah memenuhi syarat atau tidak, saya mendaftarkan blog di WordArt. Daftar bulan sekian, apply dari pihak WordArt beberapa bulan kemudian. Saya sampai lupa-lupa sendiri.

Beruntungnya saya iseng membuka email. Ternyata saya mendapat email dari salah satu kru WordArt yaitu pemberitahuan bahwa blog saya sudah menjadi anggota mereka. Saya bersyukur karena masih selang dua tiga hari email itu dikirim ke email saya. Jadi tidak terlambat untuk memodifikasi blog supaya menunjang pemasangan dan peletakkan iklan WordArt.
Baru terpasang iklan, hasil pun tidak mungkin langsung ada. Saya optimis. Kabar diterimanya blog saya sebagai anggota, membuat saya bersemangat untuk menulis. Sekilas ada banyak letup-letup ide dalam otak untuk segera diketik.

Beberapa hari berikutnya, saya disibukkan oleh try out, ujian-ujian, dan seabrek tugas dan persiapan ujian nasional. Maklum saya sudah kelas 3 SMA. Calon mahasiswi pula. :)
Saya pun lupa dengan blog, WordArt, iklan, dan segala tetek bengeknya.

Pada suatu hari saya membuka blog saya. Bukan untuk menulis, tapi iseng untuk melihat berapa hasil dari WordArt di blog saya. Nominal menunjukkan angka-angka. Walaupun hal itu masih belum memenuhi nominal yang ditetapkan agar dapat dicairkan, tapi saya tetap bersyukur. Alhamdulillah, blog saya benar-benar menghasilkan sesuatu walaupun masih belum sampai di tangan. Ketika hal ini saya beritahu ke Ibuk, beliau senangnya bukan main. Beliau turut senang dengan kemajuan saya dalam menulis yang sebentar lagi bisa menghasilkan sesuatu. Syukur-syukur bisa membantu perekonomian orang tua, ujar beliau. Aku hanya menyungging senyum.

Hari-hari berikutnya, saya seperti buntu. Tidak ada sekalipun ide menulis. Sepanjang akhir tahun ini, tulisan-tulisan saya hanya copy paste dari grup whatsapp yaitu tausiah tentang keagamaan. Hal ini saya lakukan pertama karena jarang apdet, kedua karena rating pengunjung saya belakangan ini merosot. Copy paste tulisan tentang keagamaan ini  Tulisan terbaru hasil karya saya sendiri adalah review film Sunshine Becomes You dan 3 Alif Lam Mim. Mumpung liburan akhir tahun dan ada kesempatan untuk nonton, akhirnya saya manfaatkan hal ini untuk investasi blog. Hehe.
Begitulah sekelumit kisah saya. Menulis tetap menjadi kesukaan saya walau itu sudah tidak sesering dulu saya lakukan. Mungkin karena faktor kesediaan waktu luang. Oiya, sekarang saya hanya bisa menulis lewat android. Laptop saya rusak. Komputer juga rusak. Apap un itu, tetap bersyukur karena meskipun komputer dan laptop rusak, masih ada jalan lain untuk mengisi blog. Asalkan... ada wifi. Hehe.

*WordArt adalah salah satu perusahaan cabang Wordpress untuk pemasangan iklan di blog pengguna Wordpress. Karena Wordpress melarang penggunaan kode javascript, maka tidak mungkin blog Wordpress bisa mengikuti Google Adsense. WordArt adalah pilihan lain yang sistemnya sama dengan Google Adsense yaitu pay per click untuk setiap iklan yang diklik pengunjung. Saya masih belum tahu detail dan perbedaan dari WordArt dan GoogleAds tapi saya akan terus belajar. :)

You Might Also Like

0 komentar