Tragedi Minyak Goreng

Kemarin, Ibuk belanja kebutuhan hidup banyak sekali. Seperti bumbu-bumbu dapur, beras, buah, dan lainnya. Salah satunya yang tak kalah penti...

Kemarin, Ibuk belanja kebutuhan hidup banyak sekali. Seperti bumbu-bumbu dapur, beras, buah, dan lainnya. Salah satunya yang tak kalah penting adalah minyak goreng. Ibuk membeli minyak goreng kemasan 1 liter beberapa bungkus. Karena memang capek karena barang belanjaan banyak. Akhirnya Ibuk menggeletakkan semuanya di lantai. Ibuk menyuruh saya untuk membereskannya.

Dengan sigap saya membereskan semuanya. Sayur mayur dan buah-buahan sudah saya tata di dalam kulkas. Bumbu-bumbu masakan sudah saya letakkan di tempatnya. Hanya satu yang kurang yaitu minyak goreng. Karena sudah males, akhirnya minyak goreng itu saya biarkan tergeletak di lantai. Toh juga tidak akan tumpah karena model kemasannya bisa berdiri. Tapi, meletakkan beberapa bungkus minyak goreng begitu saya di lantai ternyata berdampak luar
biasa karena saya meremehkannya.

Malamnya, saya berangkat tidur bersama adik-adik. Lampu-lampu yang tidak perlu segera saya matikan agar menghemat listrik. Tv juga dimatikan. Akhirnya kami benar-benar tidur pulas. Ketika waktu sudah menunjukkan tengah malam, Abah berniat masuk ke kamar. Tiba-tiba saya Abah hampir terpeleset. Abah spontan langsung menyalakan lampu dan melihat betapa licinnya lantai rumah. Penyebabnya adalah minyak goreng dalam kemasan yang robek dan menggenangi lantai sehingga lantainya menjadi sangat licin. Seketika itu juga Abah langsung teringat Ibuk, saya dan adik-adik. Bayangkan jika kami semua terpeleset. Mungkin Abah bisa dengan sigap sehingga tidak jadi terpeleset. Tapi bagaimana kalau nasib baik Abah tidak akan dirasakan oleh kami? Bagaimana kalau kami benar-benar terpeleset? Membayangkan saja Abah sudah ngeri. Abah langsung mengambil kain pel dan membersihkan tumpahan minyak sebisanya. Abah memang pengertian.

Apa yang menyebabkan minyak goreng yang masih dalam kemasan bisa tumpah? Ternyata gara-gara ulah tikus yang mengira minyak goreng adalah makanan. Jadi tikus berusaha menggigit kemasan minyak goreng hingga bocor dan tumpah kemana-mana. Tikus memang menyebalkan. Saya sendiri lupa kalau di rumah ini banyak tikus yang suka bergerilya mencari sisa-sisa makanan kami ketika hari beranjak malam.

Bahayanya meremehkan suatu hal kecil. Alhamdulillah tidak ada yang sampai benar-benar terpeleset atau bahkan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Saya tidak akan mengulangi lagi.

You Might Also Like

1 komentar