Selamat Ulang Tahun Indonesiaku!

Selamat ulang tahun Indonesia! Tak terasa sudah 71 tahun semenjak kelahiranmu yang jauh telah ada sebelum aku lahir. Meski masih didominasi ...

Selamat ulang tahun Indonesia! Tak terasa sudah 71 tahun semenjak kelahiranmu yang jauh telah ada sebelum aku lahir. Meski masih didominasi oleh berbagai polemik, hal itu tidak menyurutkan langkah pemerintah dan segenap rakyat Indonesia untuk semakin membangun negara yang sudah dirintis oleh para pendahulu. Tidak dipungkiri bahwasana peran orang-orang terdahulu begitu sulit. Melawan injakan kaki penjajah sudah menjadi makanan sehari-hari. Untuk mengibarkan nama Indonesia di mata dunia pun membutuhkan perjuangan yang tidak gampang. Yaps! Momen ulang tahun Indonesia memang cocok sekali untuk mengenang sejarah beserta jasa-jasa seluruh pahlawan terdahulu. Sejarah yang seakan kian kita lupakan bahkan kita masih belum mengetahui betul tentang para pahlawan. Saya hanya salah satu dari sekian generasi muda bangsa yang ingin merayakan kemerdekaan negeri tercinta dengan penuh rasa syukur.

From kkp.go.id
Generasi Indonesia masa sekarang harus benar-benar bersyukur akan apa yang sudah mereka rasakan. Kita sebagai generasi Indonesia di masa sekarang bisa hidup lebih layak dan nyaman. Setidaknya tidak separah nenek moyang kita terdahulu yang bahkan kita sendiri tidak bisa membayangkan betapa menderitanya mereka dulu. Kita bisa tidur dengan nyaman dan bangun di pagi harinya dalam keadaan segar bugar, sedang nenek moyang kita dulunya harus kerja tanpa mengenal istirahat pada masa penjajahan Belanda yang diperparah oleh Jepang yang sempat menerapkan kerja romusha. Bahkan nenek moyang kita tidak mendapat imbalan dan diberi makanan yang layak. Tak jarang satu di antara pekerja mati karena kelelahan maupun kelaparan. Dan entah lebih banyak dan banyak lagi penderitaan demi penderitaan yang dijalani rakyat Indonesia terdahulu akibat kebiadaban penjajah. Nenek moyang kita tidak sanggup melawan. Hingga ada satu-dua orang yang kritis melihat semua itu dan berusaha untuk memperbaiki nasib semua orang yang tersiksa. Bukankah kita sama-sama manusia? Seharusnya kita mendapatkan hak hidup yang layak selayaknya mereka yang tercukupi segala kebutuhan hidup. Bukankah kita sesama manusia? Mengapa manusia harus menindas manusia? Bukankah kita adalah jenis makhluk yang sama?

Pemuda-pemuda Indonesia satu demi stu berkumpul dan menyatukan kekuatan di bawah komando tokoh-tokoh patriot penyuara kemerdekaan. Dengan tekad agar kelak anak cucu mereka tidak bernasib sama, mereka rela berjuang hingga mati untuk melawan penjajah. Mereka benar-benar tidak mau jika harus hidup di bawah injakan kaki penjajah yang semena-mena. Mereka ingin memperjuangkan masa depan anak cucu agar mereka kelak bisa merasakan hidup yang lebih baik dari apapun yang sudah mereka rasakan. Bertahun-tahun menyatakan perang melawan tentara penjajah. Dari satu sudut daerah ke daerah lain se-penjuru tanah air, nenek moyang kita bersatu dengan tekad yang sama, yakni untuk merdeka.

Kita selayaknya untuk bersyukur. Bahkan harus dan wajib untuk bersyukur. Mengingat apa yang dilakukan para pendahulu kepada ktia. Merekalah yang sudah memperjuangkan kehidupan kita sekarang yang sudah menjadi baik. Merekalah yang rela mati demi terpenuhinya kehidupan layak bagi generasi pendatang seperti kita. Kita harus bersyukur karena kita tidak turut merasakan penderitaan yang sudah mereka telan dengan pahit.

Bagaimana cara kita bersyukur?Tentunya dengan giat belajar dan membuka kembali buku-buku sejarah yang telah terlupakan. Menghargai apa yang  sudah dilakukan oleh pendahulu kita hendaknya senantiasa dilestarikan. Karena kita adalah generasi penerus negara ini. Kalau bukan kita, siapa lagi?

Once again, Happy birthday to Indonesia! Wish we'll solve all problems on this state. Hope we'll be the best next generations. Happy birthday Indonesia! Happy birthday my beloved state.

You Might Also Like

0 komentar