Makna Dzikir

Jumat, Juni 14, 2019

Berikut adalah catatan hasil ngaji malam hari pada Jumat, 14 Juni 2019 bersama Bapak Yai dengan tema dzikir.

***

Picture from TribunStyle

Apa sebenarnya makna dzikir yang merupakan salah satu ibadah dalam agama Islam? Dzikir berasal dari kata bahasa arab yang memiliki arti "mengingat". Lalu, seperti apa makna dzikir secara lebih rinci? Tidak mungkin hanya sekadar "mengingat". Sebenarnya apa yang perlu diingat dalam kegiatan dzikir?

Secara bahasa, dzikir memiliki enam arti.
  1. Dzikir adalah sesuatu yang diucapkan dari mulut
  2. Dizik adalah kegiatan yang mencoba untuk menghadirkan sesuatu di dalam hati sebagaimana surah Maryam[19:2] yang berarti: "(yang dibacakan ini adalah) penjelasan tentang rahmat Tuhanmu kepada hamba-Nya, Zakaria." 
  3. Dzikir adalah bersuara, bersenandung, menyanjung, memuji.
  4. Dzikir adalah memperingatkan akan suatu hal sebagaimana surah Sad[38:1] yang berarti: "Sad, demi Al Quran yang mengandung peringatan."
  5. Al Quran yang Maha Agung sebagaimana bunyi surah Al Hijr[15:9] yang berarti: "Sesungguhnya, Kamilah yang menurunkan Al Quran dan pasti Kami (pula )yang memeliharanya."
  6. Dzikir bermakna orang laki-laki berasal dari kata الذَكَرُ .

Dzikir secara terminologi menurut beberapa imam seperti Imam Alan adalah suatu ritual yang dibuat oleh Allah dan Rasulullah dengan kata-kata tertentu untuk mengagungkan Allah yang Maha Benar. Sedangkan menurut salah seorangn ulama, dzikir adalah sanjungan dan doa. Contoh dzikir yang bermakna sanjungan terhadap Allah misalkan tasbih (subhanallah) dan kalimat tauhid (laa ilaaha illallah). Sedangkan contoh dzikir yang bermakna doa adalah sebagaimana doa nabi Adam sebagaimana yang diabadikan dalam Al Quran pada surah Al A'raf[7:23] yang berbunyi: " Rabbanaa zholamnaa anfusanaa wa illam tagfirlanaa watarhamnaa lanakuunanna minal khaasiriin." dan memiliki arti "Ya Tuhan kami, kami telah menzhalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.” Doa nabi Adam dikatakan adalah doa yang mustajabah. Nabi Adam berdoa seperti ini ketika beliau melakukan dosa di surga dan langsung diperingatkan oleh Allah. Pada saat itu, nabi Adam merasa sangat menyesal dan benar-benar memohon ampun kepada Allah. Sedangkan dalam suatu kitab dikatakan bahwa doa Nabi Yunus adalah doa yang paling mustajabah. 

Picture from Tebuireng Online

Lalu, apakah perbedaan antara dzikir dengan doa. Doa secara bahasa memiliki dua makna yaitu sebagai istighosah (memohon pertolongan kepada Allah) dan sebagai ibadah. Saripati dari ibadah adalah doa. Allah mengatakan bahwa orang yang sombong dan tidak mau berdoa kepada-Nya, maka akan dimasukkan ke dalam neraka Jahannam.

***

Di sela-sela ngaji, Bapak selalu menyempatkan diri untuk bercanda. "Tambahan ilmu ben gak mangan tok", kata Bapak. Gelak tawa langsung mengisi mushola saat itu. Saat itu kami sebagai santri sekaligus mahasiswi memang sedang liburan. Mayoritas penduduk pondok sedang pulang di kampung halaman masing-masing. Beberapa ada yang masih di pondok untuk menyelesaikan UAS di prodi masing-masing. Kegiatan pondok yang diliburkan membuat para santri memiliki lebih banyak waktu untuk bersantai di samping belajar untuk menghadapi ujian. Aku pun selama di pondok hanya makan dan tidur. Hehe. Selebihnya diisi dengan jamaah di pondok dan ngaji bapak, dua kegiatan yang wajib diikuti ketika sedang berada di pondok. 

You Might Also Like

0 komentar